Sigit Purnomo Said

Dari Wikipedia Indonesia
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wali Kota PaluPelaksana Tugas
Masa jabatan26 Oktober 2020 – 5 Desember 2020
Presiden Joko Widodo
Gubernur Longki Djanggola
Pendahulu Hidayat
Pengganti Hidayat
Wakil Wali Kota Palu ke-3
Masa jabatan17 Februari 2016 – 17 Februari 2021
Presiden Joko Widodo
Gubernur Longki Djanggola
Wali Kota Hidayat
Pendahulu Mulhanan Tomobolututu
Pengganti Reny Lamadjido
Informasi pribadi
Lahir Sigit Purnomo Syamsuddin Said27 November 1979 (umur 42)Donggala, Sulawesi Tengah, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Partai politik Partai Amanat Nasional
Tinggi badan 173 cm (5 ft 8 in)
Suami/istri Okie C. Agustina(m. 2003; c. 2009) Adelia Wilhelmina(m. 2011)
Anak Pernikahan dengan Okie Calerista Agustina: * Kiesha Alvaro Putra Sigit * Shakiena Azalea Putrina Pasha * Nasha Anaya Putri Valentina Pasha Pernikahan dengan Adelia Wilhelmina: * Dewa Hikari Zaidan Ibrahim * Sakha Dyandra Sultan Yusuf * Aliyan Akhtar Raja Sulaiman * Princess Kayla Mutiara Pasha
Orang tua * Syamsuddin Said (ayah) * Andi Bumbeng (ibu)
Pekerjaan * Penyanyi * Politikus * Aktor
Karier musik
Genre * Hard rock * pop rock * rock alternatif
Instrumen * Vokal * Gitar * Piano
Label * Hemaswara * Musica * Trinity * Sony Indonesia
Artis terkait Ungu

Sigit Purnomo Syamsuddin Said yang lebih dikenal sebagai Pasha adalah seorang penyanyi dan politikus Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah pada periode 2016–2021. Sebelum terjun ke dunia politik, Pasha merupakan vokalis grup musik Ungu. Pasha bergabung dengan Ungu pada tahun 1999.

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier seni[sunting | sunting sumber]

Sebelum bergabung dengan Ungu, Pasha sebelumnya telah muncul di dunia hiburan Indonesia sebagai model dan telah muncul di beberapa iklan televisi, bermain sinetron, dan bergabung dengan beberapa band. Kemampuan vokal Pasha memang telah terlihat sejak kecil saat dirinya menjadi juara II lomba adzan se-Sulawesi Tengah. Sejak kecil anak kelima dari sepuluh bersaudara ini, senang melantunkan adzan dan ayat-ayat suci Alquran. Pasha sempat kuliah di ABA-ABI sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan memilih berkarier di dunia musik.

Tahun 2008, Pasha terjun ke dunia bisnis dengan mendirikan perusahaan label bernama Monash bersama sahabatnya, Inong. Proyek pertamanya adalah band baru bernama Michael Says.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Pasha resmi mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Wali Kota Palu ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Palu pada 27 Juli 2015. Ia mendampingi calon Wali Kota Palu Hidayat, yang sebelumnya menjabat mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulawesi Tengah dan diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Dalam wawancara, Pasha mengatakan bahwa kaum muda sudah layak untuk memimpin Kota Palu agar ibu kota Sulawesi Tengah ini lebih berkembang dan dikenal secara nasional. Pasha pun mengharapkan dukungan, “Mari kita hilangkan kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok. Kita kawal pembangunan Kota Palu bersama-sama."

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada 20 November 2008, Okie mengajukan gugatan cerai kepada Pasha di Pengadilan Agama Bogor, Jawa Barat. Saat mengajukan gugatan cerai tersebut, Okie sedang dalam keadaan mengandung. Kemudian pada tanggal 20 Januari 2009, hakim di Pengadilan Agama Bogor, Jawa Barat akhirnya resmi mengabulkan gugatan cerai Okie terhadap Pasha, sehingga dengan demikian perjalanan bahtera rumah tangga yang telah mereka bina selama enam tahun pun, sejak tahun 2003, kini karamlah sudah dan mereka pun akhirnya telah benar-benar resmi berpisah untuk selama-lamanya.

Bertepatan pada hari Valentine, tanggal 14 Februari 2009, mantan istri Pasha, Okie melahirkan anak mereka yang ketiga di Rumah Sakit Ibu & Anak Hermina - Bogor.

Pada tanggal 29 Juli 2009, Okie membuat laporan ke Polresta Bogor atas dugaan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh Pasha. Menurut keterangan pihak kepolisian Bogor, pada pagi itu, 29 Juli 2009, Okie dan Pasha terlibat perdebatan yang tidak mendapatkan titik temu. Dan akhirnya terjadi peristiwa pemukulan. Karena tidak terima sikap Pasha, Okie pun melakukan visum dan melaporkan Pasha. Pada tanggal 31 Juli 2009, Pasha pun balik melaporkan mantan istrinya, Okie ke polisi. Pasha mengaku dicakar oleh Okie, oleh karenanya ia melaporkan Okie atas perbuatan tidak menyenangkan. Pada tanggal 27 Maret 2011, Pasha menikah dengan Adelia Wilhelmina. Pada tanggal 22 Desember 2011, Pasha dikarunai anak pertama dari Adelia yakni Dewa Hikari Zaidan Ibrahim. Pada tanggal 17 Agustus 2013, Pasha dikarunai anak kedua dari Adelia yakni Sakha Dyandra Sultan Yusuf. Pada tanggal 7 Desember 2015, Pasha dikarunai anak ketiga dari Adelia yakni Aliyan Akhtar Raja Sulaiman. Pada tanggal 21 April 2017, Pasha dikarunai anak keempat dari Adelia yakni Princess Kayla Mutiara Pasha.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • SD Inpres Tanamodindi II Palu
  • SMP Negeri 2 Palu
  • SMA Negeri 2 Palu
  • ABA-ABI Jakarta (tidak selesai)
  • Sarjana Jurusan Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Palu.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album solo[sunting | sunting sumber]

Bersama Ungu[sunting | sunting sumber]

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

  • Produser untuk grup musik lokal Duo Yangseku (Yang Selalu Kurindu), dalam lagu Pujaan Hati (2007)

Filmografi[sunting | sunting sumber]


Acara televisi[sunting | sunting sumber]


Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
2008 Inbox Awards 2008 Video Klip Pasangan Paling Seru Templat:Won
2009 Inbox Awards 2009 Model Cowok Terfavorit Templat:Won
SCTV Music Awards 2009 Penyanyi / Vokalis Terfavorit Templat:Won
2011 SCTV Music Awards 2011 Penyanyi / Vokalis Terfavorit Templat:Won
2012 SCTV Music Awards 2012 Penyanyi / Vokalis Terfavorit Templat:Won
2014 YKS Romantic Award Penampilan Tergokil Templat:Nom