Mahen

Dari Wikipedia Indonesia
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Petrus Canisius Hanar Mahendra (Templat:Lahirmati) dikenal secara profesional sebagai mononim Mahen adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Pasca menandatangani kontrak dengan label rekaman Indo Semar Records di tahun 2019, Mahen merilis debut singel berjudul "Pura-Pura Lupa" pada 6 Desember 2019 yang berhasil memuncaki tangga lagu Billboard Indonesia Top 100 selama 10 pekan.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Petrus Canisius Hanar Mahendra lahir pada tanggal 17 Desember 1996 di Jakarta.

Mahen mengenyam pendidikan perguruan tinggi di Universitas Bunda Mulia jenjang S-1 program studi Ilmu Komunikasi. Mahen memulai studinya sejak tahun 2015 dan lulus pada tahun 2020.

Karier[sunting | sunting sumber]

2017–2018: Awal karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum menggemari dunia musik Mahen merupakan pemain bola di sekolahnya. Mahen juga menegaskan bahwa tak ada jejak musik dalam keluarganya. Mahen mulai menggemari dunia tarik suara dan mengasah kemampuan bernyanyi sejak duduk di bangku kuliah. Hal ini berawal ketika dirinya berangkat ke kampus dengan menaiki KRL, ia kerap kali mendengarkan lagu milik orang lain sehingga ia pun berniat supaya dirinya juga didengarkan oleh orang lain. Berawal dari hal ini Mahen mulai melakukan aktivitas cover lagu sejak tahun 2017 dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter dan Youtube. Di samping itu ia juga aktif di organisasi musik di kampusnya semasa kuliah. Dari kegiatan cover tersebut Mahen mulai dikenal publik. Ia pun mendapatkan tawaran bernyanyi dan terjun ke industri musik.

2019: Debut solo dan pengakuan luas[sunting | sunting sumber]

Pasca menandatangani kontrak dan bergabung dengan perusahaan rekaman Indo Semar Records, Mahen merilis debut singel berjudul “Pura-Pura Lupa”. Dalam pengerjaan lagunya sendiri "Pura-Pura Lupa" diciptakan oleh Pika Iskandar. Untuk aransemen musik di lagu ini, Mahen dibantu oleh Tito P Soenardi sebagai penata musik dan Ayoe Purnamasari sebagai pengarah vokal.

Lagu ini mendapat respon yang positif dan berhasil masuk berbagai tangga lagu platform musik digital di Indonesia termasuk memuncaki Billboard Indonesia Top 100 selama 10 pekan. Melalui “Pura-Pura Lupa” Mahen juga dinominasikan dalam Anugerah Musik Indonesia 2020 dalam kategori pendatang baru terbaik-terbaik.

2021: Sebuah Cerita[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2021, Mahen merilis album studio perdananya berjudul Sebuah Cerita. Mahen mengaku melalui album tersebut berkisah tentang cerita yang tertuang dalam kehidupan Mahen sendiri, di mana ia ingin bercerita tentang banyak hal seperti tentang patah hati, kebahagiaan, menunggu, dan hal lainnya.

Sebuah Cerita terdiri dari 10 lagu yang mana terdapat 4 lagu baru dan 6 singel yang sebelumnya telah dirilis. Dalam proses penggarapan album yang berlangsung sekitar setahun di tengah pandemi COVID-19. Dalam album itu, dia dibantu oleh banyak musisi seperti Pika Iskandar, Tito P.Soenardi, Ayu Purnamasari, Kamga, Beraldy Dean, Faiz Alfandy, Ilham Baso, Michael Juan, Daniel Mantiri dan Banu Setiawan.

Album tersebut dirilis pada 28 Mei 2021 dalam bentuk CD dan unduhan digital di bawah naungan perusahaan rekaman Indo Semar Records.

2022: My Sassy Girl[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2021 Mahen terpilih sebagai pemeran dan memulai debutnya dalam dunia perfilman layar lebar melalui film berjudul My Sassy Girl arahan Fajar Bustomi, yang merupakan pembuatan ulang dari film Korea Selatan pada 2001 dengan judul sama. Mahen berperan sebagai pemeran pendukung memerankan tokoh Aris, teman dari Gian yang diperankan oleh Jefri Nichol. Film tersebut melakukan pengambilan gambar utama sejak 8 November hingga 7 Desember 2021 dan dijadwalkan dirilis di seluruh bioskop Indonesia pada 23 Juni 2022.

Selain berperan dalam film tersebut, Mahen juga dipercaya untuk mengisi jalur suara resmi dari film My Sassy Girl yang bertajuk "Terbiasa Sendiri". Mahen menulis lagu tersebut bersama Beraldy Dean dan dirilis di bawah naungan label Falcon Music. Dalam proses penggarapan single lagu ini, Mahen mengaku memiliki tantangan tersendiri. Proses pembuatan lagunya berlangsung selama 2 hari dan sebisa mungkin ikut terjun kedalam suasana filmnya juga.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Daftar album studio dengan detail terpilih
Judul Detail album Templat:Abbr
Sebuah Cerita

Album kompilasi[sunting | sunting sumber]

Judul Detail album Templat:Abbr
Musikini Super Hits 2
  • Rilis: 21 April 2021
  • Label: Jagonya Musik & Sport Indonesia
  • Format: CD

Singel[sunting | sunting sumber]

Sebagai penyanyi utama
Judul Tahun Album Templat:Abbr
"Pura-Pura Lupa" 2019 Sebuah Cerita
"Ramadhan Bulan Kemenangan" Templat:Smaller 2020 Templat:N/a
"Luka yang Kurindu" Sebuah Cerita
"Datang untuk Pergi"
"Cinta Selesai"
"It's Okay to Not Be Okay" 2021
"Seamin Tak Seiman"
"Mimpi tentang Dia" 2022 Templat:N/a
"Terbiasa Sendiri" My Sassy Girl (Original Soundtrack)

Video musik[sunting | sunting sumber]

Daftar video musik, menampilkan tahun rilis dan sutradara
Judul Tahun Sutradara
"Pura-Pura Lupa" 2019 Ezra Zairus
"Luka yang Kurindu" 2020 Alif Fauzan
"Datang untuk Pergi" Templat:N/A
"Cinta Selesai" 2021 Ezra Zairus Sidhunata
"It's Okay to Not Be Okay" rowspan=2 Templat:N/A
"Foto Lama"
"LDR" Joshua Axell Limandjaja
"Putus Saja" 2022

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Templat:Abbr
2021 Sungguh Cinta Mahen Film pendek
Seamin Tak Seiman Nuel
2022 My Sassy Girl Aris Juga sebagai pengisi lagu tema

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2022 IPA & IPS Dirinya sendiri 1 episode, spesial promo film My Sassy Girl

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Tahun Kategori Nomine Hasil Templat:Abbr
Anugerah Musik Indonesia 2020 Pendatang Baru Terbaik-Terbaik "Pura-Pura Lupa" Templat:Nom