Gabriel Prince

Dari Wikipedia Indonesia
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gabriel Prince Soerijo adalah seorang penyanyi, pemeran, dan selebriti internet berkebangsaan Indonesia keturunan Tionghoa.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Prince terlahir dengan nama Gabriel Prince Soerijo pada 7 Juli 2004 di Surabaya, Jawa Timur. Prince merupakan putra pertama dari dua bersaudara dari pasangan Soerijo Gondo Setiawan — dengan nama Tionghoa Go Lie Ming — yang merupakan pengusaha properti asal Surabaya dan pengusaha Kristiana Natalie Margareth, yang sebelumnya pernah berprofesi sebagai pemeran sinetron, model, penyanyi, dan presenter. Prince memiliki satu adik kandung laki-laki bernama Philipus Royce Soerijo Putra. Dari pernikahan pertama sang ayah, Prince memiliki tiga orang kakak tiri. Mereka adalah Olivia Dewi Soerijo, peraih juara kedua ajang Gadis Sampul pada tahun 2010, yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas pada 10 Maret 2012, runner-up ketiga Miss Indonesia tahun 2019 yang mewakili provinsi Jawa Timur sekaligus direktur utama perusahaan fesyen ramah lingkungan Liberty Society, Tamara Dewi Gondo Soerijo, dan Angelina Dewi Soerijo. Prince, adik kandungnya, dan tiga orang kakak tirinya memiliki Marga Tionghoa Wu. Sedangkan dari pernikahan kedua sang ibu, ia memiliki dua adik tiri yang bernama Maria Teresa dan John Maximian.

Sebelum dikenal luas seperti sekarang ini, Prince hanyalah seorang pelajar SMA yang sama sekali tidak memiliki media sosial. Prince saat ini duduk di bangku kelas tiga sekolah internasional Kristen swasta, Sekolah Pelita Harapan.

Karier[sunting | sunting sumber]

2020–2021: Awal karier dan debut solo[sunting | sunting sumber]

Berawal dari konten random yang diunggah ke akun TikTok milik temannya, yang kemudian menjadi viral dan menarik banyak perhatian warganet. Mengetahui hal tersebut, Prince berinisiatif menjadi tokoh masyarakat — mengikuti jejak sang ibu — hingga akhirnya pada tahun 2020 ia bergabung ke dalam perusahaan rekaman Inspire Music, label rekaman milik penyanyi Indonesia, Rossa. Rossa tertarik mengajak Prince setelah ia mengunggah sebuah video ke akun TikTok-nya. Pada Maret 2021, Prince merilis singel perdananya bertajuk "Solicitude" yang diproduseri langsung oleh Rossa.

Dalam salah satu video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya, Prince mengaku sempat menolak tawaran untuk menjadi peserta latihan di SM Entertainment. Awalnya, ia dihubungi oleh staf SM Entertainment melalui surel dan juga fitur pesan langsung di Instagram. Namun, ia menolaknya, karena tidak tertarik untuk terjun ke industri K-pop. Di samping itu, alasan lain yang menjadi pertimbangan Prince untuk bergabung adalah adanya peraturan yang begitu ketat untuk setiap artis. Gabriel khawatir mentalnya belum kuat menjalani masa latihan yang cukup berat di SM Entertainment.

2022: Debut akting[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2022, Prince terpilih sebagai pemeran utama melalui debutnya di dunia perfilman dalam sekuel Kau & Dia yang berjudul Kau & Dia 2. Sebelumnya, pada tahun 2021, Prince pernah menjadi kameo dalam serial web Komax (Komedi Maximal) yang ditayangkan di Tiket.com.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album jalur suara[sunting | sunting sumber]

Judul Detail album Templat:Abbr
Love Knots (Original Soundtrack)

Singel[sunting | sunting sumber]

Sebagai penyanyi utama
Judul Tahun Album Templat:Abbr
"Solicitude" 2021 Love Knots (Original Soundtrack)
"Maybe" 2022 rowspan="1" Templat:N/a

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Templat:Abbr
2022 Kau & Dia 2 Bryan Film orisinal MAXstream
Templat:TBA Film tak berjudul Fajar BustomiTemplat:Dagger

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Templat:Abbr
2021 Komax (Komedi Maximal) Dirinya sendiri Kameo